Inilah Tips Perawatan Water Heater yang Wajib Anda Perhatikan!

Water heater atau pemanas air, sudah menjadi perangkat elektronik yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan tentang tips perawatan water heater yang benar supaya alat tersebut tidak mudah rusak dan awet. Pemilihan produk water heater yang tepat juga dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam merawat water heater di rumah Anda.

Kenali jenis water heater yang Anda gunakan.

Tak kenal maka tak sayang. Kalimat tersebut juga berlaku bagi semua barang dan perabotan yang Anda miliki. Sebelum merawat water heater, kenali dulu bagaimana cara produk tersebut bekerja. Ini adalah modal utama dalam tips perawatan water heater yang baik. Ada tiga jenis water heater yang saat ini beredar di pasaran. Perbedaannya terletak pada sumber energi yang digunakan, yaitu tenaga matahari, listrik, dan gas.

Solar water heater menggunakan sumber energi yang berasal dari sinar matahari. Sistem kerjanya sama dengan pembangkit listrik tenaga surya. Perangkat tersebut memiliki panel-panel yang bisa menangkap dan mengumpulkan sinar matahari, yang kemudian digunakan sebagai sumber energi. Walaupun demikian, pemanas ini tetap bisa digunakan dalam cuaca mendung. Hal tersebut karena ada pengaturan yang secara otomatis akan mengalihkan ke tenaga listrik saat cuaca tidak memungkinkan.

Jenis yang kedua adalah water heater listrik. Tentu saja sesuai dengan namanya, pemanas air ini menggunakan listrik sebagai satu-satunya sumber energi. Sama dengan perangkat elektronik lainnya, water heater bertenaga listrik bisa digunakan ketika ada akses untuk mendapatkan aliran listrik. Di dalamnya ada beberapa elemen pemanasan, dan dibutuhkan waktu untuk menunggu sampai air menjadi panas dan siap digunakan. Setelah itu, Anda tinggal memutar kran / shower untuk menggunakan airnya.

Selanjutnya, ada juga water heater yang menggunakan energi dari gas. saat ini cukup banyak digunakan masyarakat. Hanya dengan menyambungkan water heater ke tabung gas melalui selang, maka Anda sudah langsung dapat menikmati air panas yang keluar. Sistem kerjanya mirip dengan kompor gas.

Nah, setelah mengetahui jenis water heater yang Anda miliki, selanjutnya perhatikan beberapa tips perawatannya berikut ini. Tentu Anda tidak ingin memiliki water heater yang mudah rusak, kan? Oleh karena itu, rawatlah water heater dengan sebaik mungkin.

Tips perawatan water heater yang wajib diperhatikan.

  1. Pastikan air yang mengalir ke water heater bebas partikel asing. Jangan sampai air yang akan Anda gunakan mengandung partikel-partikel asing seperti butiran pasir, debu, atau kontaminan lainnya. Hal tersebut karena butiran non-air bisa mengakibatkan aliran tersumbat, sehingga alat akan mudah rusak. Oleh sebab itu, lengkapi kran air dengan menggunakan filter.
  2. Bersihkan secara teratur. Sama halnya dengan air conditioner, perangkat water heater juga harus dibersihkan secara rutin. Paling tidak lakukanlah minimal sekali dalam setahun. Anda bisa menggunakan jasa tenaga ahli yang telah berpengalaman dalam membersihkan water heater.
  3. Periksa kestabilan safety valve. Ini semacam alat pengaman yang digunakan untuk menjaga suhu tangki supaya tetap stabil. Anda bisa menaikkan tuasnya secara berkala supaya air dapat mengalir dan mencegah terjadinya penyumbatan.

Itulah beberapa tips perawatan water heater yang wajib Anda perhatikan. Lebih baik menjaga daripada harus mengeluarkan uang untuk memperbaiki kerusakan. Apabila bisa dicegah, mengapa kerusakan harus terjadi. Mudah-mudahan water heater milik Anda bisa awet dalam penggunaannya. Selamat mencoba!

Baca juga Gejala kerusakan pada water heater yang sering terjadi berikut solusinya.