Background photo created by freepik - www.freepik.com

Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membeli Water Heater

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Water Heater

Water heater merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari sebuah rumah. Apalagi dicuaca yang cenderung ekstrem sekarang ini. Water heater dulu hanya dapat dijumpai di hotel, kini rumah-rumah pribadi pun telah banyak yang memilikinya. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan water heater atau pemanas air, maka semakin banyak pilihan yang tersedia. Namun, ada hal yang harus diperhatikan sebelum membeli water heater. Agar sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki.

Teliti sebelum membeli water heater

<a href="http://www.freepik.com">Designed by yanalya / Freepik</a>

Water heater atau pemanas air kini banyak digunakan di rumah tangga untuk dapat menikmati hangatnya air setelah penat dengan semua pekerjaan di kantor.  Dengan adanya water heater di rumah, kapanpun membutuhkan air hangat maupun panas jadi mudah tanpa harus memasaknya terlebih dahulu. Kini Anda dapat memilih berbagai merk dan jenis water heater sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli water heater.

Tentukan jenisnya

Terdapat beberapa jenis atau tipe mulai dari yang memiliki penampung atau storage, tanpa penampung, heat pump hingga solar water heater. Untuk jenis solar water heater atau yang menggunakan tenaga matahari, dibutuhkan tangki penampungan. Dengan memanfaatkan sinar matahari untuk memanaskan air hingga dibutuhkan penampungan air panas.

Berbeda dengan jenis heat pump, karena air akan langsung dipanaskan pada saat digunakan rata-rata jenis heatpump ini digunakan untuk kebutuhan yang banyak seperti kolam renang, perhotelan, rumah sakit, dll.

Tentukan water heater listrik atau gas

Water heater atau pemanas air memiliki dua jenis yaitu yang menggunakan tenaga listrik dan gas. Kedua jenis water heater ini memiliki cara pemasangan dan peletakan yang berbeda pula. Anda harus memutuskan jenis mana yang akan dibeli dan posisi peletakan nantinya.

Untuk jenis yang menggunakan listrik, peletakannya lebih fleksibel ketimbang yang gas. Namun perlu diperhitungkan dalam penggunaan listrik, karena memakan cukup banyak listrik. Jadi jangan kaget, jika nantinya tagihan listrik Anda melonjak cukup besar.

Jumlah pengguna atau penghuni rumah

Jumlah penghuni atau pengguna dari water heater diperlukan untuk dapat menentukan besarnya tangki air. Jangan sampai Anda salah memperhitungkan sehingga nantikan akan  mengalami kekecewaan karena harus menunggu airnya panas terlebih dahulu.

Harga serta biaya perawatan

Anda harus memperhatikan baiya perawatan water heater nantinya selain dari harga beli pada awalnya. Hal ini penting karena sebuah water heater atau pemanas air membutuhkan perawatan lebih dibandingkan dengan perlengkapan rumah tangga lainnya. Jangan sampai Anda hanya melihat harga beli tanpa mempertimbangkan biaya perawatannya. Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli water heater sangatlah penting, agar Anda dapat menikmati air hangat tanpa perlu merasa khawatir.

Efisiensinya

Sebuah water heater yang baik adalah yang memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. Diukur dengan tingginya angka Energy Factor atau EF, semakin tinggi nilai Ef, semakin baik dan akan lebih hemat dalam pemakaian jangka panjang. Namun, water heater yang memiliki nilai EF yang tinggi pastinya akan memiliki harga jual yang cukup mahal dibandingkan yang lainnya. Selain lebih hemat dalam jangka panjang, juga lebih ramah lingkungan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli water heater. Walaupun tak banyak, akan tetapi justru sangat penting agar Anda dan keluarga dapat menikmati mandi ataupun berendam air hangat sambil melepas penat setelah aktifitas seharian. Water heater kini menjadi salah satu yang harus ada di sebuah rumah terutama di kota-kota besar. Tak perlu ke hotel lagi.

DMCA.com Protection Status

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Hubungi Kami